SEMOGA KALIAN SEHAT SELALU DAN DILINDUNGI ALLOH SWT SELAMA-LAMANYA,AMIEN YA ALLOH YA RABBAL ALLAMIEN

Minggu, 09 Oktober 2011

RPP MATEMATIKA KELAS V BERKARAKTER SEMESTER 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                                 :   SD NEGERI PA
Mata Pelajaran                   :  Matematika
Kelas/Semester                  :  V/ I
Alokasi Waktu                     :  4 x 35 Menit


A.     Standar  Kompetensi       :
2.  Mengunakan pengukuran waktu, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar
2.3 Melakukan pengukuran sudut

C.     Tujuan Pembelajaran**
Peserta didik dapat :
§        Melakukan pengukuran sudut

v     Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
 Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility 
D.    Materi Ajar
Pengukuran (Waktu, sudut, Luas, Volum dan Satuannya)

E.     Metode Pembelajaran
Diskusi, Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

F.      Langkah-langkah Pembelajaran :
§        Kegiatan awal
-         Apresepsi/ Motivasi
-         Mengingatkan kembali tentang macam-macam sudut.
§        Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     Mengunakan pengukuran waktu, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah
§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Melakukan percobaan membuat sudut siku-siku, lancip, dan tumpul dengan menggunakan busur derajat, sebelumnya diskusi terlebih dahulu untuk menentukan langkah-langkah membuat sudut.
F     Siswa diuji kemampuan dan keterampilannya dalam menggambar macam-macam sudut.
§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§        Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     Guru meriview kembali  materi yang telah disampaikan, memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.

G.    Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§        Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§        Matematika SD untuk Kelas V  5 B Esis
§        Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5
§        White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis

H.    Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o    Menentukan dan menaksir besar sudut

o    Menggambar dan mengukur sudut dengan busur derajat

Tugas IndVidu
dan Kelompok



Isian  dan uraian

o    Buatlah sudut yang besarnya 200?
o    Buatlah sudut yang besarnya 75o?
o    Buatlah sudut yang besarnya 1050?
o    Buatlah sudut yang besarnya 1350?
o    Buatlah sudut yang besarnya 900?
o    dst.


Format Kriteria Penilaian      
&       Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&       Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@    Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                         

Tidak ada komentar: