RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD NEGERI PA
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ I
Alokasi Waktu : 4 x 35 Menit
A.
Standar Kompetensi :
2. Mengunakan pengukuran waktu, jarak, dan
kecepatan dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
2.3 Melakukan pengukuran sudut
C.
Tujuan
Pembelajaran**
Peserta didik
dapat :
§
Melakukan pengukuran sudut
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility
D.
Materi
Ajar
Pengukuran (Waktu, sudut, Luas, Volum dan
Satuannya)
E.
Metode
Pembelajaran
Diskusi, Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran :
§
Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengingatkan kembali tentang macam-macam sudut.
§
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Mengunakan
pengukuran waktu, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan
percobaan membuat sudut siku-siku, lancip, dan tumpul dengan menggunakan busur
derajat, sebelumnya diskusi terlebih dahulu untuk menentukan langkah-langkah
membuat sudut.
F
Siswa
diuji kemampuan dan keterampilannya dalam menggambar macam-macam sudut.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
meriview kembali materi yang telah
disampaikan, memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
G.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§
Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§
Matematika SD untuk Kelas V 5 B Esis
§
Matematika Progesif Teks Utama SD
Kelas 5
§
White board, papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Menentukan dan menaksir besar
sudut
o Menggambar dan mengukur sudut
dengan busur derajat
|
Tugas
IndVidu
dan
Kelompok
|
Isian dan uraian
|
o
Buatlah
sudut yang besarnya 200?
o
Buatlah
sudut yang besarnya 75o?
o
Buatlah
sudut yang besarnya 1050?
o
Buatlah
sudut yang besarnya 1350?
o
Buatlah
sudut yang besarnya 900?
o
dst.
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar