RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SD NEGERI PATROL
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semester :
I (Satu)
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan).
Standar Kompetensi
1. Memahami pentingnya keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Kompetensi Dasar
1.1. Medeskripsikan
Negara Kesatuan Republik Indonesia.
A. Tujuan
Pembelajaran
§
Siswa dapat mengetahui batas utara, selatan, timur, dan barat NKRI.
§
Siswa dapat mengetahui luas wilayah NKRI dengan menyebutkan posisi lintang
dan bujurnya.
§
Siswa dapat memahami tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
§
Siswa memahami fungsi wilayah darat NKRI.
§
Siswa memahami fungsi wilayah laut NKRI.
§
Siswa memahami fungsi wilayah udara NKRI.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani (
courage ), Integritas ( integrity ),
Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
B. Materi Ajar
§
Batas wilayah NKRI, luas wilayah NKRI, posisi lintang dan bujurnya, serta
tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
§
Fungsi wilayah darat, laut, dan udara NKRI.
C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§
Pendekatan Kontekstual.
§
Pendekatan Cooperative Learning.
§
Diskusi dengan teman sebangku.
§
Tanya jawab.
§
Ceramah.
§
Penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
§
Kegiatan Awal
–
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan
kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
–
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
–
Guru dan siswa bertanya jawab tentang fungsi peta dunia.
§
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menyiapkan sebuah peta dunia yang
besar dan dapat dilihat oleh semua siswa.
F Guru menjelaskan batas-batas utara,
selatan, timur, dan barat NKRI, sementara itu siswa menyimaknya.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru menunjuk batas-batas tersebut pada
peta secara acak dan berulang-ulang, dan siswa menebaknya dengan cepat.
F Guru menyiapkan kelas diskusi.
F Siswa berdiskusi tentang tujuan penetapan
batas-batas fisik NKRI dengan panduan guru.
F Siswa menceritakan hasil diskusi secara
bergiliran
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
–
Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam
pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian Indikator Pencapaian Kompetensi dan
Kompetensi Dasar.
–
Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
–
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
Pertemuan Kedua
§
Kegiatan Awal
–
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama presensi, apersepsi dan
kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
–
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
–
Guru dan siswa bertanya jawab tentang pengalaman bepergian ke pegunungan,
laut, dan pengalaman naik pesawat terbang.
§
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru dan siswa bertanya jawab secara
general tentang fungsi wilayah darat, laut, dan udara NKRI.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru membagi jumlah siswa di kelas dalam 3
kelompok atau kelipatannya.
F Guru mengundi topik darat, laut, atau
udara untuk semua kelompok.
F Siswa berdiskusi tentang topik yang mereka
dapatkan.
F Siswa melaporkan hasil dikusi secara lisan
di depan teman-teman.
F Teman-teman dari kelompok lain menanggapi
hasil diskusi kelompok teman.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
§
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik;
F menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
E. Sumber/Bahan Belajar
§
Peta dunia.
§
Gambar/foto tempat-tempat indah di Indonesia yang menunjukkan pemandangan
darat, laut, dan udara.
§
Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V.)
F. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menjelaskan pengertian NKRI
§ Menyebutkan dasar hukum NKRI.
§ Menjelaskan satuan daerah otonom dalam NKRI.
§ Menjelaskan tentang hubungan luar negeri yang dilakukan
NKRI
§ Menjelaskan
fungsi pemilihan umum dan pengaruhnya terhadap NKRI.
§ Menunjukkan sisi utara selatan, timur, dan barat NKRI,
serta menyebutkan nama negara atau perairan yang menjadi batas NKRI.
§ Menyebutkan posisi lintang dan bujur NKRI.
§ Memahami tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
§ Menjelaskan fungsi wilayah daratan NKRI.
§ Menjelaskan fungsi wilayah laut NKRI.
§ Menjelaskan fungsi wilayah udara NKRI.
|
§ Diskusi kelompok
§ Diskusi
kelompok
|
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian sikap (pengamatan perilaku).
§ Penilaian unjuk kerja (hasil diskusi).
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian sikap (pengamatan perilaku).
§ Penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercerita dan
keterlibatan dalam diskusi).
|
§ NKRI adalah ....
§ Indonesia merupakan negara berbentuk ....
§ Satuan daerah otonom dalam NKRI misalnya ....
§ Indonesia memiliki bentuk negara kesatuan karena ....
§ NKRI perlu mengadakan Pemilihan Umum untuk ....
§ Batas utara NKRI adalah ....
§ Batas selatan
NKRI adalah ....
§ Batas barat NKRI adalah ....
§ Batas timur NKRI adalah ....
§ Indonesia terletak di ... derajat ...
§ sampai ... derajat ..., dan ... derajat ...
§ sampai ... derajat ....
§ Fungsi wilayah daratan NKRI adalah ....
§ Fungsi wilayah laut NKRI adalah ....
§ Fungsi wilayah udara NKRI adalah ....
§ Zona Ekonomi Eksklusif adalah ....
|
Format Kriteria Penilaian
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@
Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar